Jum, 10 April 2020
Selamat Datang di Website Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kabupaten Aceh Timur

PROFIL DAERAH

Kabupaten Aceh Timur memiliki luas wilayah 6.040,60 Km2 secara administratif Kabupaten Aceh Timur terdiri dari 24 Kecamatan, 59 Mukim dan 513 Gampong. Nama-nama Kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Timur adalah:

  1. Kecamatan Simpang Ulim;
  2. Kecamatan Julok;
  3. Kecamatan Nurussalam;
  4. Kecamatan Darul Aman;
  5. Kecamatan Idi Rayeuk;
  6. Kecamatan Peureulak;
  7. Kecamatan Rantau Selamat;
  8. Kecamatan Birem Bayeun;
  9. Kecamatan Serba Jadi;
  10. Kecamatan Rantau Peureulak;
  11. Kecamatan Pante Bidari;
  12. Kecamatan Madat;
  13. Kecamatan Indra Makmur;
  14. Kecamatan Idi Tunong;
  15. Kecamatan Banda Alam;
  16. Kecamatan Peudawa;
  17. Kecamatan Peurelak Timur;
  18. Kecamatan Peureulak Barat;
  19. Kecamatan Sungai Raya;
  20. Kecamatan Simpang Jernih;
  21. Kecamatan Darul Ihsan;
  22. Kecamatan Peunaron;
  23. Kecamatan Idi Timur; dan
  24. Kecamatan Darul Falah.

 

Secara umum Kabupaten Aceh Timur merupakan dataran rendah, perbukitan, sebagian berawa-rawa dan hutan mangrove, dengan ketinggian berada 0–308 m di atas permukaan laut. Keadaan topografi daerah Kabupaten Aceh Timur dikelompokkan atas 4 kelas lereng yaitu: 0-2%, 2-15%, 5-40?n > 40%. Dilihat dari penyebaran lereng tersebut yaitu memiliki kemiringan lereng >40% hanya sebesar 6,7% yaitu meliputi Kecamatan Birem Bayeun dan Serbajadi. Sedangkan wilayah yang memiliki kemiringan lereng 0-2%,2-15?n 5-40% meliputi seluruh Kecamatan.

Komoditi unggulan Kabupaten Aceh Timur yaitu sektor pertanian dan jasa. Sektor pertanian komoditi unggulannya adalah sub sektor tanaman perkebunan dengan komoditi Kelapa Sawit, Kakao, Karet dan Kelapa. Sub sektor pertanian komoditi yang diunggulkan berupa Jagung dan Ubi kayu.

Sebagai penunjang kegiatan perekonomian, di Kabupaten ini Tersedia 1 Pelabuhan Industri, yaitu Pelabuhan Idi. Untuk industri tersedia 6 kawasan industri, yaitu Kawasan Industri UMKM Pisang Sale, Kawasan Industri Kelapa Terpadu, Kawasan Industri Pengolahan Rotan, Kawasan Industri Agro dan Perikanan, Kawasan Industri Kelapa Terpadu Timur (KITAT) dan Kawasan Industri Migas Pertambangan dan Energi yang didukung juga oleh fasilitas listrik dan telekomunikasi. Pariwisatanya yaitu wisata alam, wisata adat dan budaya.

PEMEKARAN

Sejak tahun 2000, Kabupaten Aceh Timur mengalami pemekaran yang ditujukan agar pembangunan kawasan itu merata. Daerah hasil pemekaran itu antara lain:

  • Kota Langsa yang pada awalnya pusat ibu kota Kabupaten Aceh Timur kemudian berubah status menjadi Kota Administratif Langsa dan akhirnya menjadi Kota Langsa.
  • Kabupaten Aceh Tamiang yang mencakup 12 kecamatan.

PEMINDAHAN IBU KOTA

Sebelumnya ibukota Kabupaten Aceh Timur adalah Kota Langsa tetapi dengan disetujui Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2001 dan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2007 ibukota Kabupaten Aceh Timur dipindahkan ke Idi Rayeuk yang berpenduduk sekitar 34.282 jiwa (Sensus Penduduk Tahun 2010).

 

 

Berita Terbaru

Berita SKPA Terbaru